ibo[N]obi is ME

my.original.first.wordpress.site


Leave a comment

Bad(mood)minton..

Kali ini pengen meluapkan kekesalan yang ada dihati akibat hal yang terjadi beberapa hari yang lalu saat aku bermain badminton. Sebelum aku masuk ke permasalahan utama, sudah hampir 3-4 tahun terakhir aku mulai rutin ikut olahraga badminton bersama teman-teman. Awalnya ikut-ikutan sampe bela-belain beli sepatu dan raket alakadarnya untuk join main, dan pada saat itu memang aku sama sekali tidak mahir bermain badminton, ketika bermain, lebih banyak bola yg tidak bisa dipukul ataupun bola yg tidak bisa diterima dari lawan, sehingga permainan hanya menjadi ajang berkeringat dan bersenang-senang, main sambil kebanyakan tertawa. Namun, berjalan waktu, aku menjadi menyukai bermain badminton, untuk badminton sendiri, sedari lama aku adalah “badminton lover” tapi hanya sampai tahap menonton pertandingan pemain-pemain profesional di TV.

Continue reading


Leave a comment

MBTI: ISFJ ~ Si Cinderella(man) yang Ramah

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan salah satu instrumen untuk menilai kepribadian yang dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang, dimana instrumen ini membagi kepribadian menjadi 16 tipe berbeda berdasarkan kombinasi 4 domain utama; (1) fokus energi: Introvert/Extrovert, (2) pemrosesan informasi: Sensing/iNtuition, (3) pengambilan keputusan: Thinking/Feeling, dan (4) bagaimana menyikapi dunia luar: Judging/Perceiving.

Kepribadian seseorang (menurutku pribadi) merupakan hasil dari semua pengalaman yang orang tersebut rasakan dan alami sejak dia lahir, dimana kepribadiannya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, sekolah, pertemanan, status ekonomi keluarga dan lainnya, banyak faktor yang bisa mempengaruhi sehingga seseorang memiliki kepribadian tertentu. Pembahasan tentang kepribadian ini sulit, kenapa?? karena sangat luas. Untungnya ada MBTI yang bisa setidaknya dijadikan rujukan untuk menilai secara garis besar kepribadian seseorang walaupun tidak semua akan sama seperti yang di deskripsikan oleh instrumen ini.

Continue reading


Leave a comment

Pemain cadangan..

Tidak ada satu orang atlet profesional yang ingin menjadi seperti dua kata di judul postinganku kali ini. Semua atlet yang bekerja keras dari kecil hingga akhirnya siap untuk mengikuti pertandingan (terutama di olahraga dengan banyak pemain, seperti bola voli, sepak bola dan bola basket) pasti tidak ingin duduk dan menonton pertandingan yang sedang berlangsung di bangku cadangan. Pemain cadangan dibutuhkan, karena ketika salah seorang pemain inti sedang bertanding dan misalnya mengalami cidera oleh karena pertandingannya, maka dia akan digantikan dengan orang lain yg ada di bangku cadangan. Hanya saja, bila akupun adalah seorang atlet profesional, pasti aku juga menginginkan bertanding di lapangan daripada menjadi pemain cadangan..

Banyak hal kenapa mungkin seseorang ditempatkan di bangku cadangan, mungkin karena skill nya masih dianggap kurang oleh pelatih, mungkin juga karena penilaian pelatih selama training belum membuatnya memiliki kriteria masuk sebagai pemain inti, atau skill yang ia miliki belum sesuai dengan rencana atau strategi pelatih dalam pertandingan saat itu. Sebagian besar dan hampir semua pertandingan, yang menentukan seorang atlet itu masuk sebagai pemain inti adalah sang pelatih yang memiliki strategi menang untuk timnya dan merupakan otak dari sebuah tim.

Aku tidak akan membahas mengenai “pemain cadangan” dalam dunia olahraga (karena aku juga bukan seorang atlet), tapi aku akan memberikan pandanganku terkait dua kata tersebut bila dikaitkan dengan kehidupan, khususnya persahabatan.

Continue reading


Leave a comment

Sirkel ~ (4 years apart)

Aku tidak tau harus memulai cerita dari mana lagi, sudah lama aku meninggalkan blog kenangan ini, dan entah kenapa beberapa minggu terakhir terbersit dikepala untuk kembali menulis disini. Melihat postingan terakhirku, membuatku ingin bercerita kembali. Banyak hal yang sudah terjadi 4 tahun belakangan ini, banyak kejadian yang membuat mood dan jiwa ini seperti roller coaster menjalani hari-hari..

Empat tahun terakhir ini, banyak hal baik dan banyak hal juga yang menguras energi terjadi, hanya saja mungkin dipostingan baru ini aku akan sedikit bercerita tentang perjalanan dari sirkel yg lalu ke sirkel saat ini.. Oh iya, aku masih bertahan di Kota ini, dan tahun ini adalah tahun ke-5 aku tinggal dan bekerja disini.

Continue reading


Leave a comment

Sirkel..

Belum lama aku berada di kota Baubau ini, akhir bulan ini masuk bulan ke 10 dan semua terasa baik-baik saja. Selama 10 bulan terakhir aku merasa bersyukur bisa mengenal orang-orang di kota ini, dan bisa jadi bagian dari circle (baca gaulnya gini aja : sirkel, hehe) salah satu kelompok, yang udah aku singgung di postingan sebelumnya. Allah selalu baik kepada hambanya, termasuk aku, karena hari-hari yang kujalankan di kota ini Alhamdulillah sampai hari ini selalu dimudahkan dan dijauhkan dari hal-hal buruk. Balik lagi bicara soal sirkel baru ku ini. Berbeda dengan sirkel-sirkelku sebelumnya, baru kali ini aku berada dalam sirkel kumpulan orang yang memiliki latar pekerjaan yang berbeda, kalo sebelumnya sirkelku berkutat di sahabat SMA, sahabat perkuliahan, dan sahabat-sahabat sesama dokter, kali ini sirkelnya dari berbagai jenis latar belakang.

Continue reading


Leave a comment

Should I STAY???

Sudah tidak terasa keberadaanku di Baubau sekarang memasuki bulan ke-10. Banyak hal yang aku dapat dan rasakan disini, pengalaman dan cerita baru, tentu saja sahabat-sahabat baru. Awal datang ke Baubau adalah karena tawaran kerja yang diberikan oleh guruku saat masih sekolah tidak lama sebelum aku menyelesaikan pendidikan. Tidak banyak berpikir panjang, aku langsung menerima tawaran kerja di Baubau meskipun aku belum pernah ke kota ini. Di dalam pikiranku, Baubau adalah kota kecil yang mungkin jauh dari banyak akses dan terpencil, namun sesampainya disini, Baubau cukup kota untuk orang yang lahir dan besar di Bontang sepertiku. Suasananya juga tidak jauh berbeda dari Bontang…

Continue reading


Leave a comment

[camping] Liwutonkidi Island

Akhirnya, ada bahan lagi buat diceritain. Kali ini, pengen cerita pengalaman camping 1N2D di salah satu pulau yang dekat dengan Baubau, tepatnya di Pulau Liwutonkidi atau dikenal disini dengan sebutan Pulau Ular (Snake Island). Oh iya, seperti yang aku sempat singgung di postingan yang ini, saat ini aku berada di Baubau, mencari sesuap nasi di kota orang, dan Alhamdulillah tidak lama aku berada disni, aku sudah kenal dekat dengan orang-orang baik yang ada disini.. Saking baiknya mereka, aku sudah dimasukkan dalam circle persahabatan yang menurutku circle ini penuh dengan banyak karakter yang menarik (nanti kesempatan berikutnya bakal ceritain mereka).. Aku dan sahabat-sahabatku ini sudah merencanakan untuk camping di tempat ini sejak 2 minggu sebelumnya, sambil berdoa semoga cuaca akan bersahabat saat hari agenda tiba, dan Alhamdulillah cuaca begitu bersahabat sehingga pengalaman camping disini menjadi salah satu pengalaman menyenangkan yang harus aku ceritakan, sehingga bisa aku kenang lagi kedepannya..

Continue reading


Leave a comment

Rinjani, I Miss You!!

Pengen menumpahkan cerita di blog ini tentang Rinjani, sebelum ingatan ini makin lama makin pudar ditelan bertambahnya usia, ya tentunya untuk aku kenang kembali di kemudian hari. Rinjani… Ya Rinjani, aku sangat rindu padanya.. Sesuai namanya yang cantik, Rinjani, tepatnya Gunung Rinjani yang berada di Lombok, benar-benar memberikan memori yang indah yang tak terlupakan. Pendakianku ke Rinjani bersama dengan teman-teman yang aku anggap saudara dimulai dari rencana yang kami buat jauh-jauh hari, yang pada akhirnya terlaksana pada bulan Agustus 2015, tepatnya pendakian dimulai sejak tanggal 25-28 Agustus (4 hari 3 malam). Seingatku banyak yang kami ajak untuk ikut mendaki ke Rinjani, namun pada akhirnya yang besedia hingga siap berangkat ada 8 orang, 7 diantaranya adalah saudaraku sesama anggota TBM Calcaneus dengan tambahan 1 personal baru.. Kami berangkat bersama dari Makassar, menuju Bali, kemudian menyebrang ke Lombok menggunakan Fery. Dokumentasiku terkait pendakian ini untungnya masih cukup lengkap, walaupun banyak video pendakianku hilang karena handphone yg aku gunakan sempat rusak dan datanya tidak bisa dipulihkan kembali, sehingga dengan melihat foto-foto dan video pendakianku kala itu, aku bisa bernostalgia kembali, mengenang indahnya perjalanan yang tak terlupakan di Rinjani.

Continue reading


Leave a comment

Cat Daddy

Kali ini pengen nulis tentang anabul-anabulku, cerita awal kenapa bisa beruntung bisa punya bocil-bocil yang selalu menemani keseharianku. Cerita ini mungkin agak panjang, hehehee… Awal kisah, aku sama sekali tidak pernah punya kucing peliharaan sejak kecil, tapi pribadi, aku sangat suka sama kucing.. Ketika kecil dulu, seingatku aku pernah pengen pelihara kucing domestik yang sering datang ke rumah, tapi waktu itu ibu gak ngijinin untuk pelihara, karena si mpus sering bawa tikus ke rumah, kata ibu, bikin kotor rumah. Jadilah setelah itu gak pernah kepikiran untuk punya anabul. Rasa pengen punya anabul akhirnya di pendam hingga awal tahun 2021. Pada awal tahun 2021, saat itu aku berdomisili di Makassar, masih berstatus adik residen tingkat akhir dimana tugas-tugas jaga lebih sedikit dan lebih sering lah berada di rumah dibandingkan di Rumah Sakit, tidak seperti waktu masih menjadi residen semester awal. Jadinya terbersit di kepala untuk adopsi anabul. Sebenarnya keinginan untuk adopsi anabul ini sudah ada sejak lama, sering bilang ke teman kalo pengen punya anabul, cuma selalu diurungkan niatnya karena ketakutan tidak bisa mengurus mereka karena kesibukan di dunia residensi. Akhirnya di awal tahun 2021 aku memberanikan diri untuk mengadopsi anabul. Persiapan untuk adopsi pun sudah aku pikirkan dan aku pelajari dari menonton video-video di youtube dan membaca info-info terkait cara merawat anabul di internet, selain itu persiapan terkait materi juga aku sudah pikirkan, mengingat untuk memelihara anabul, terkhusus anabul ras, pasti tidak sedikit biaya yang akan aku keluarkan. Aku masih awamlah untuk merawat anabul, sehingga masih ada rasa was-was apakah aku bisa nantinya merawat mereka. Sampe pada akhirnya aku memberanikan diri untuk mulai mengadopsi anabul..

Continue reading


Leave a comment

Catatan IBON :)

Kali ini pengen cerita dikit tentang salah satu catatan yang aku buat dalam persiapan menghadapi ujian saat masih sekolah dulu. Ujiannya udah aku bahas di postingan yang ini. Catatan ini aku buat tujuannya untuk memudahkan dalam me-review sumber yang dipakai untuk menjawab soal-soal ujian dengan model yang aku rasa nyaman dan mudah untuk dibaca dan diakses. Sebelum catatan ini aku buat, sebenarnya sudah banyak copy-an catatan-catatan senior pendahuluku yang ada dan notabene lebih lengkap dari catatan yang aku buat, tapi karena yang menulis dan membuat catatan adalah orang lain, jadinya agak kurang “sreg” bacanya. Jadilah, aku membuat catatan sendiri, ada 2 model catatan yang aku buat, catatan di buku, dan catatan digital menggunakan aplikasi notes di Iphone.

Continue reading
Design a site like this with WordPress.com
Get started