ibo[N]obi is ME

my.original.first.wordpress.site


9 Comments

aku padanya

sedikit ingin bercerita..

cerita tentang salah satu kisah kehidupan yang aku alami sebelumnya. ini kisah tentangnya. aku mengenalnya di kampusku, dia adalah juniorku di kampus, akupun mengetahuinya ketika dia masuk di organisasi yang sama denganku. saat pengkaderan di organisasiku itu, aku sudah mulai tertarik dengannya, yaa.. bisa dibilang love at the first sigh .. ntah kenapa, saat melihatnya, hati ini merasa tenang dan tentram. aku adalah orang yang bisa dibilang hiperaktif, meledak-ledak, tidak sabaran, dan sejenisnya.. dan hanya sedikit orang yang bisa membuatku tenang, dan saat melihatnya aku merasa dia adalah orang yang bisa menenangkanku dan bisa menjadi peredamku..  Continue reading

Advertisements


3 Comments

Aku Pemalas

Panik.. panik.. harusnya aku dah panik kalo teringat ujianku tinggal 34 hari lagi.. tapi gak tau kenapa sampai sekarang panik ini belum muncul-muncul.. Kembali lagi, sepertinya rasa malas menggerogoti diri ini, menggerogoti dari ujung kaki sampai ujung kepala, yang ujung-ujungnya cuma bikin kerjaan jadi makin hancur berantakan..

Kalo ingat ujian makin hari makin mendekat, sesak di dada makin nambah, jantung berdebar kencang karena belum belajar, dan buku-buku tebal menanti untuk dibelai dan dilahap, tapi semakin mengingat banyaknya hal yang harus dipelajari, semakin kuat malas ini menggerogoti, semakin ingin diri ini lari dari kenyataan. Continue reading


11 Comments

Manusia 1/2 = Dewa

Aku akan bercerita sedikit, kejadian yang kalo aku pikirkan membuatku tidak ingin bertemu lagi dengan dia (sebut saja namanya Dewa)..

Nah, cerita ini dimulai sejak aku masuk stase di salah satu rumah sakit selama seminggu, dimana stase di RS ini mengharuskan aku selama seminggu mengikuti operasi elektif yang dijadwalkan. Di sinilah aku bekerja dengan dokter-dokterku yang juga stase di RS ini. Tidak dipungkiri, di RS baru aku akan bertemu dengan dokter-dokter dari bagian lain, koas-koas dari bagian lain, dan tidak lupa bertemu dengan perawat-perawat yang ada di RS ini.. nah Dewa adalah salah satu dari orang yang aku temui di RS ini dan bertugas juga di RS ini.. Continue reading


8 Comments

sering melihat = kurang peka = mati rasa

Selama lebih dari satu tahun sejak aku menjadi dokter muda yang bertugas di rumah sakit, entah sudah berapa kali aku melihat kejadian ini..

Awal melihat kejadian ini, dada ini terasa sesak dan hati ini memunculkan perasaan aneh, percampuran dari rasa kasihan, sedih dan takut.. tapi, sebagai seorang dokter kedepannya, aku harus bisa meredam perasaan ini dan memunculkan raut wajah biasa di depan yang lain walaupun sebenarnya hati ini berkata lain..

Yang aku takutkan ketika sering melihat kejadian ini adalah, hati akan mulai menjadi kurang peka terhadap kejadian ini, dan lama-kelamaan hati ini akan menjadi mati rasa… Continue reading


Leave a comment

Carsinoma Mammae

Balik lagi nih ngeposting kawan-kawan…Kali ini, bakalan ngeposting sedikit info kesehatan buat yang lain.. gak ada maksud buat menggurui loh, cuma ingin berbagi.. 😀

Nah, sesuai dengan judulnya, Carsinoma Mammae (biasa disingkat Ca Mammae) atau populer dikenal di sebagai Kanker Payudara..

Here We Go..

Kanker payudara paling banyak di derita oleh wanita di negara Barat yaitu sekitar32% dari seluruh keganasan pada wanita, sedangkan di Indonesia, kangker payudara merupakan kanker pada wanita terbanyak setelah kanker mulut rahim dan insidennya kebanyakan ditemukan sudah dalam stadium lanjut. Wooouuuuuww..

Laki-laki bisa kena kanker payudara?

Jangan Salah!! Laki-laki juga bisa loh terkena kanker payudara, jadi bagi laki-laki jangan senang dulu… apalagi buat laki-laki yang punya faktor predisposisi keturunan.. maksudnya,di dalam keluarganya ada yang menderita kanker payudara (coldiz et al 1996, Claus et al 1998) 😀

Siapa-siapa yang punya resiko tinggi terkena kanker ini?

Nah, yang punya faktor resiko tinggi diantaranya: (Pherson et al 2000)

  1. Umur : > 35 thn sedangkan umur < 35 thn ; faktor resiko rendah
  2. Menarche (haid pertama) semakin awal sedangkan Menarche semakin lambat –> resiko rendah
  3. Tidak menikah atau menikah di usia > 35 tahun
  4. Tidak punya anak dan melahirkan anak pertama  di atas usia 35
  5. Menggunakan KB  ; KB hormonal (pil, suntik )
  6. Tidak menyusui
  7. Stress berat
  8. Riwayat keluarga menderita keganasan
  9. Mengkonsumsi jamu-jamuan
  10. Menopause (berhenti haid) lama

Nah, bagi yang memiliki salah satu faktor resiko diatas, harus waspada yah..

Penyebabnya apa sih?

Ada yang mengatakan bahwa penyebab (etiologi) dari Ca Mammae ini bisa disebabkan oleh fakor genetik, pemakaian hormon yang lama dan ada pula yang mengatakan bahwa Ca Mammae disebabkan oleh virus.

Aku harus bagaiamana?

Nahhh.. trus bagaimana kalau aku termasuk dalam faktor resiko tinggi yang sudah disebutkan sebelumnya??

Jangan khawatir.. saatnya bertindak.. lakukan aja SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).. 

Truussss kalo temen-temen menemukan benjolan aneh dipayudaranyaa.. segeralah ke dokter.. karena semakin dini Ca Mammae ini didiagnosis, semakin baik prognosisnya…

Trus bagaimana pengobatannya?

Mengenai pengobatan Ca Mammae (kalo udah pasti didiagnosis Ca Mammae dengan prosedur RS) tergantung oleh derajat keparahan dari Ca Mammae itu sendiri.. Bisa dengan cara tumornya diangkat, kemoterapi, radioterapi atau bahkan kombinasi dari ketiganya…

Jadiiii……..

intinya.. jaga kesehatan temen-temen dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat setiap hari, makan makanan yang sehat, dan jangan lupa untuk selalu kontrol kesehatan minimal 2 kali setahun.. oke!! Dan untuk kasus diatas, jangan lupa untuk melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri)...

 

Demikian info singkat tentang Ca Mammae..

Keep Healthy Bro 😀