ibo[N]obi is ME

my.original.first.wordpress.site

Koas atau Dokter??

Leave a comment

doctor_0515-0911-0722-3611_SMUApakah karena aku masih terlihat sangat muda, sehingga beberapa dari orang-orang menanyakan apakah aku adalah seorang dokter atau masih dokter muda (red. Co-Assistant – koas). Aku tidak bisa menyalahkan yang bertanya, karena memang aku masih muda. Hanya saja, pertanyaan seperti itu membuat aku dan dokter-dokter se-usia ku terkesan belum dipercaya sebagai dokter. Tapi, apa salahnya dengan muda? Toh, rata-rata sarjana lain malah lebih muda saat bekerja, mungkin di usia 22 tahun mereka sudah bekerja, karena masa studi mereka jauh lebih singkat dari masa studiku di kedokteran. Aku menghabiskan 6 tahun di kedokteran untuk menjadi seperti sekarang, menjadi dokter. Tidak hanya itu, setelah luluspun, sebelum aku di tempatkan oleh pemerintah sebagai dokter internship, aku harus lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang tentu saja tidak mudah, karena banyak dari teman-teman sejawat dokterku yang lain yang tidak lulus ujian ini, dan aku lulus pada ujian pertamaku. So, apakah aku masih bisa dianggap tidak berkompetensi sebagai dokter hanya karena aku masih muda??

Pertanyaan seperti itu sebenarnya wajar-wajar saja, dan aku tidak ada masalah dengan itu. Mau aku dianggap masih koas atau dokter, itu tidak apa-apa, yang jelas aku akan menjalankan profesiku ini dengan sebaik-baiknya dan tetap memegang sumpah yang telah aku ikrarkan tahun lalu..

Aku masih muda dan aku adalah seorang dokter. Itu kenyataannya. Jujur, menjadi dokter tidak mudah, selain memang proses untuk menjadi seorang dokter itu susah, menyandang gelar dokter jauh lebih tidak mudah. Tidak mudah karena menjadi seorang dokter adalah sebuah tanggung jawab yang berat dan berkaitan dengan nyawa orang lain. Namun, bila dibandingkan dengan waktu aku koas dulu, tanggung jawabnya lebih ringan, karena saat koas aku hanya harus belajar dari pasien, mengenai tanggung jawab, semua tentang pasien adalah tanggung jawab dokter/residen pembimbingku. Tapi sekarang, beban itu ada dipundakku.

So, tidak ada masalah dengan pertanyaan apakah aku koas atau dokter, yang jelas aku harus bisa membuktikan bahwa dengan usia muda seperti ini dan berprofesi sebagai dokter, aku bisa menjalankan pekerjaanku dengan sebaik-baiknya dan sama baiknya dengan dokter lain yang usianya jauh lebih tua..

I’m 24 years old and I’m a doctor

Author: ibonobi

nothing special.. bingung kalo harus mendeskripsikan sifat, karena lebih baik orang yang menilai.. dan satu hal : aku tidak perduli bagaimana penilaian orang lain.. this is real.. this is me.. and this is my life..

Leave a Reply

