ibo[N]obi is ME

my.original.first.wordpress.site

Everybody Lies

Leave a comment

everybody_lies_“It’s a basic truth of the human condition that everybody lies. The only variable is about what. I don’t ask why patients lie, I just assume they all do. Truth begins in lies. I’ve found that when you want to know the truth about somebody that someone is probably the last person you should ask. Reality is almost always wrong. Everybody Lies” – Gregory House, MD

Yah, Everybody Lies.. aku pun bukan seorang yang begitu suci hingga tidak pernah berbohong. Aku pernah berbohong, dan pastinya tidak mungkin hanya sekali. Aku tidak bisa menghitung seberapa banyak kata-kata bohong yang pernah aku keluarkan sejak aku mulai bisa berbicara, namun dari berbohong, kita bisa belajar bukan? Belajar untuk mengerti bahwa berbohong pada akhirnya hanya akan membuat kita menjadi seseorang yang menyedihkan. Hanya saja, persoalannya adalah, kapan kita bisa belajar dari kebohongan yang kita pernah lakukan, apakah saat semua orang tidak lagi menaruh kepercayaan pada kita? Ataukah pada saat sahabat kita menjauh? Atau pada saat mendapatkan kesulitan karena kebohongan yang kita buat sendiri? Hanya diri kita yang bisa menjawabnya… Aku rasa, mungkin sebagian dari kita sudah pernah mengalami beberapa yang aku sebutkan tadi, entah itu dijauhi oleh teman sendiri, atau mengalami betapa sulitnya menutupi kebohongan yang kita lakukan. Akupun pernah mengalaminya. Yang paling menyakitkan adalah ketika kebohonganmu terbongkar di depan banyak orang, dan itu membuatmu menjadi semakin terlihat menyedihkan.. Siapa yang hidupnya diselimuti kebohongan?? Aku rasa tidak ada seorangpun yang menginginkan kehidupan seperti itu..

Aku bisa mengatakan bahwa berbohong juga termasuk Self Defense yang tanpa disadari kita lakukan, dan sering kita lakukan pada saat-saat terdesak atau terpojok, namun menggunakan Self Defense ini tentunya hanya akan membuat kita menggunakannya lagi di kemuadian hari. Berbohong mungkin akan menutupi kesalahan atau kekeliruan kita, namun pada akhirnya kita akan menggunakan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya, sampai pada akhirnya kita harus berkata jujur untuk menghentikan siklus kebohongan itu.. Berkata jujur mungkin lebih susah dari berbohong, namun berbohong memiliki efek samping yang jauh lebih besar dari berkata jujur. Dengan berkata jujur, kita hanya harus menyiapkan mental dan diri untuk menghadapi realita yang ada, tapi sebaliknya, berbohong membuat kita semakin takut untuk menghadapi realita..

Dalam pekerjaanku pun kebohongan terkadang harus aku lakukan, dan kebohongan itu aku lakukan untuk kebaikan. Namun, apakah bisa kebohongan itu dibenarkan untuk sebuah kebaikan? Aku pun tidak tau apakah kebohonganku yang bertujuan untuk kebaikan ini bisa dibenarkan.. Merasa bersalah? Ya. Aku merasa bersalah karena berbohong, namun ketika kebohonganku bisa membuat kehidupan orang lain lebih baik, kenapa tidak.

Aku berharap aku bisa selalu jujur, tapi aku tidak bisa menjamin diriku sendiri untuk tidak berbohong. Akan tetapi, sebagai seorang manusia yang berakal, tentunya kita harus menyadari akan resiko yang akan timbul dari berbohong, sehingga jika ingin berbohong, kita harus siap dengan resiko dan konsekuensi yang akan kita dapat di kemudian hari..

Everybody lies and I admit that today I’ve lied because I am just a human being

Author: ibonobi

nothing special.. bingung kalo harus mendeskripsikan sifat, karena lebih baik orang yang menilai.. dan satu hal : aku tidak perduli bagaimana penilaian orang lain.. this is real.. this is me.. and this is my life..

Leave a Reply

